Geblog

Geblog adalah makanan khas Indramayu yang terbuat dari bahan ketan hitam dan kelapa parut. Apa yang membuat geblog begitu istimewa? Mari kita temukan jawabannya.

Kenapa Geblog Begitu Populer?

Bagi masyarakat Indramayu, geblog bukanlah sekadar makanan, tapi juga bagian dari identitas budaya mereka. Makanan khas ini memiliki rasa khas yang sulit dicari pada makanan lainnya. Meskipun pembuatannya cukup sulit dan memakan waktu, warga Indramayu tidak ragu untuk mengeluarkan waktu dan uang untuk membeli geblog.

Apa Target Dari Geblog?

Geblog sebenarnya memiliki target pasar yang cukup luas, tapi yang paling terlihat adalah warga yang berada di sekitar Indramayu. Mereka yang mencari cita rasa tradisional dan ingin menjaga kebersihan makanan akan memilih geblog sebagai alternatif makanan.

Manfaat Geblog Bagi Kesehatan

Geblog memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Ketan hitam sendiri kaya akan serat yang baik bagi pencernaan, sedangkan kelapa parut yang menjadi isian geblog kaya akan kalium yang baik bagi pembentukan otot.

Pengalaman Pribadi dengan Geblog

Sebagai penulis yang lahir dan dibesarkan di Indramayu, geblog menjadi salah satu camilan wajib saat berkunjung ke pasar tradisional. Satu porsi geblog biasanya terdiri dari 5 potong dan cukup mengenyangkan. Saat menggigit geblog, campuran ketan hitam dan kelapa parut yang legit langsung terasa di lidah.

gebong

Cara Pembuatan Geblog

Pembuatan geblog cukup rumit. Ketan hitam harus direndam selama minimal 8 jam lalu ditiriskan. Parutan kelapa harus dipanggang dan diberi sedikit garam lalu dicampurkan dengan gula merah dan garam. Ketan hitam yang sudah direbus dicampurkan ke dalam kelapa yang sudah diisikan yang lalu penyajian dengan cara menggoreng di atas wajan.

gebong

Cara Penyajian yang Tepat Untuk Geblog

Geblog bisa dijadikan camilan atau makanan penutup. Saat membeli geblog, pastikan tidak ada daun pisang yang menempel di bagian pembungkus geblog. Nikmatilah geblog dengan sebatang teh hangat atau secangkir kopi, maka cita rasa geblog akan semakin lezat.

Question and Answer (Q&A) Geblog

1. Apa yang Membuat Geblog Sulit Ditemukan?

Proses pembuatan geblog yang cukup rumit membuat geblog sulit ditemukan, terlebih lagi tidak semua orang bisa membuat geblog yang enak.

2. Apa Perbedaan Geblog Dengan Kue Lainnya?

Geblog memiliki ciri khas yaitu campuran ketan hitam dan kelapa parut yang sudah dicampurkan dengan gula merah dan garam.

3. Berapa Lama Masa Kadaluarsa Geblog?

Masa kadaluarsa geblog cukup singkat, hanya selama 2 hari. Oleh karena itu geblog harus disimpan dalam wadah tertutup dan dimakan sesegera mungkin setelah dibuat.

4. Apakah Geblog Bisa Dikirim ke Luar Kota?

Ya, namun pastikan geblog dikemas dengan baik dan menggunakan jasa pengiriman yang cepat agar geblog masih dalam kondisi segar saat tiba di alamat penerima.

Conclusion of Geblog

Geblog bukan hanya makanan, tapi identitas budaya masyarakat Indramayu yang menjadi sumber kebanggaan. Meskipun sangat sulit ditemukan di luar Indramayu, namun cita rasanya sungguh menggugah selera. Semoga keunikan geblog dapat terus dipertahankan dan dikenal oleh masyarakat luas.

Gallery

Jenis-jenis Makanan Yang Hanya Ditemui Di Indramayu

Jenis-jenis Makanan Yang Hanya Ditemui Di Indramayu
Photo Credit by: bing.com / indramayu

Ziegler+Partner Architekten AG - Lagerhalle Geblog Kaltbrunn

Ziegler+Partner Architekten AG - Lagerhalle Geblog Kaltbrunn
Photo Credit by: bing.com / ziegler lagerhalle kaltbrunn

Gesellschaft > Unsere Organisation > Gesellschaftsversammlung | GEBLOG

Gesellschaft > Unsere Organisation > Gesellschaftsversammlung | GEBLOG
Photo Credit by: bing.com / gesellschaft organisation

Geblog Panganan Tradisional Khas Indramayu

Geblog Panganan Tradisional Khas Indramayu
Photo Credit by: bing.com /

36 Makanan Khas Indramayu Yang Dijamin Bikin Lidah Bergoyang

36 Makanan Khas Indramayu yang Dijamin Bikin Lidah Bergoyang
Photo Credit by: bing.com / indramayu makanan


Belum ada Komentar untuk "Geblog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


 

x